Masalah yang sering terjadi di Google Webmaster salah satunya adalah URL yang dicekal oleh robots.txt milik google. Dengan terus berkembangnya pembaruan fitur di Google Webmaster membuat pemilik beberapa blog mengalami masalah tentang index Google di blog mereka. Salah satunya adalah Error Index Coverage.

Jika anda memiliki blog dan mendapatkan email seperti gambar dibawah ini, maka blog anda sedang mengalami masalah di index Google. saya sendiri mendapatkan email ini di blog saya yang lain baru-baru ini.

 

email

Email tersebut memberitahukan bahwa telah terjadi kesalah di dalam index milik blog saya, lalu bagaimana cara mengatasi eror index coverage di Google Webmastes?

Cara Mengatasi Indexed Though Blocked by Robots.txt

Setelah saya browsing dan mbaca-mbaca, saya temukan penyebab terjadinya pemblokiran yang menyebabkan eror tersebut , lalu saya memperbaikinya dengan cara mengaktifkan robot.txt khusus pada blog. caranya sebagai berikut:

1. Masuk ke dashboard blog anda
2. Klik Setting -> Preferensi penelusuran
3. Klik edit/aktifkan penelusuran khusus

4. Klik Ya

Cara Mengatasi Indexed Though Blocked by Robots.txt

5. Kemudian masukan kode berikut :

User-agent: *
Disallow: /
Allow: /
Sitemap: http://namablogAnda.blogspot.com/sitemap.xml

*saya tidak menggunakan “Disallow: /search” karena robot.txt default saya itu dan masih eror,jadi saya hapus kata “search” nya.

6. Klik Save

Jika sudah selesai, Google akan mengirimkan notifikasi kepada anda melalui email.

 

 Baca Juga : Cara Setting Robots.txt di Blogspot

 

Kesimpulan :

Dari masalah ini bisa saya simpulkan bahwa eror tersebut dikarenakan ada kode “/search” di robot.txt blog saya, yang menyebabkan tidak terindexnya oleh mesin pencari, walaupun sebenarnya itu tidak berdampak apa-apa, namun pasti akan mengganggu ada.

Demikian Cara Mengatasi Indexed Though Blocked by Robots.txt di Google Webmaster Tools, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang sedang mengalami kesulitan seperti yang saya alami.

Send Message on WhatsApp
Call me
%d bloggers like this: