Google Search Console adalah salah satu tools milik google yang dulunya bernama Google Webmaster Tools adalah salah satu layanan gratis dari Google yang ditujukan untuk para webmaster (pemilik blog atau website). Layanan ini bisa membantu webmaster yang ingin website-nya teroptimasi dan mempunyai struktur yang sesuai dengan aturan-aturan dan rekomendasi search engine Google (terutama dari sisi on-page).

Google Search Console ini juga semakin banyak dimanfaatkan para praktisi SEO untuk mengoptimasi website-website milik sendiri maupun website milik klien. Mulai dari mengidentifikasi halaman-halaman duplikat, halaman-halaman yang tidak ditemukan (404), melihat status indeks sampai dengan menganalisa CTR (click through rate) di halaman pencarian.

Untuk Anda yang benar-benar ingin fokus di bidang SEO, ini adalah salah satu tool wajib agar website-website yang Anda kelola senantiasa sesuai dengan guidelines Google.

Berikut ini akan kita bahas panduan cara penggunaan Google Search Console secara lengkap dan mendalam, sehingga nantinya bisa Anda praktekkan dengan maksimal.

 

Cara Mendaftar di Google Search Console

Pertama-tama, Anda harus mendaftar (pendaftarannya juga gratis) untuk bisa memakai layanan ini.

Buka https://www.google.com/webmasters/tools/home?hl=in dan masuk (login) menggunakan akun gmail Anda.

  • Klik Add Property.
  • Pilih “Website”.
  • Pilih “Website” dari menu drop-down dan masukkan URL website Anda. Pastikan Anda menuliskan URL yang sama persis dengan URL yang muncul di browser.
  • Klik “Continue”.
  • Pilih Cara Verifikasi.
    Google Search Console menyediakan beberapa cara untuk verifikasi website, dari upload file HTML, penyedia nama domain, HTML tag, atau kode tracking Google Analytics. Pilih salah satu yang Anda inginkan.
  • Tambahkan Domain Secara Terpisah.
    Jika website Anda sudah mendukung versi http:// dan https://, tambahkan keduanya secara terpisah.

 

Mengapa Google Search Console Penting?

Karena google search console memiliki fitur-fitur yang dapat membantu Anda untuk:

  • Memastikan bahwa google dapat menemukan website Anda.
  • Memastikan bahwa google dapat meng-crawl website Anda.
  • Memastikan bahwa google dapat meng-indeks website Anda.
  • Melihat seberapa sering halaman pada website Anda muncul untuk kata pencarian tertentu.
  • Melihat seberapa banyak traffic yang datang ke halaman web tersebut.
  • Berapa rangking rata-rata halaman pada website Anda muncul pada kata kunci tertentu.
  • Menerima pemberitahuan dari google jika google menemukan masalah pada website Anda.
  • Memperbaiki masalah pada website Anda.
  • Meminta pengindeksan ulang.
  • Melihat situs mana saja yang terhubung dengan website Anda.
  • Dan banyak hal lainnya.

Ok, agar Anda memiliki sedikit gambaran mengenai pentingnya google search console, akan saya bahas beberapa fitur penting yang ada di google search console.

BACA JUGA : Cara Cepat Agar Artikel Cepat Terindex Di Google

Fitur-Fitur pada Google Search Console

Berikut fitur-fitur penting yang ada pada google search console:

 

1. Melihat halaman mana saja yang sudah terindeks oleh google

Dengan Google Search Console, Anda dapat melihat berapa banyak halaman pada website Anda yang sudah terindeks di google.

Google Search Console - Pengertian & Cara Penggunaan

Selain itu, Anda juga dapat melihat, berapa banyak halaman yang error pada website anda.

Google Search Console - Pengertian & Cara Penggunaan

 

2. Melihat performa website Anda dalam mesin pencari

Anda dapat melihat performa website Anda dalam mesin pencari, seperti seberapa sering website Anda tampil pada hasil pencarian, berapa banyak orang yang klik website Anda pada hasil pencarian dan lain-lain.

Google Search Console - Pengertian & Cara Penggunaan

Anda pun dapat melihat data-data diatas berdasarkan halaman, maupun kata kunci.

Google Search Console - Pengertian & Cara Penggunaan

BACA JUGA : Tujuan Iklan Facebook Ads yang Wajib Anda Pahami

3. Melihat kondisi website Anda dalam mesin pencari

Ada 1 fitur pada google search console yang memungkinkan Anda untuk melihat kondisi halaman pada website Anda di mata google.

Google Search Console - Pengertian & Cara Penggunaan

Pada contoh dibawah, Saya test salah satu URL di website ini dengan URL inspection:

Google Search Console - Pengertian & Cara Penggunaan

Jika halaman yang Anda test sudah terindeks oleh google, tampilannya akan seperti gambar diatas.

Namun jika belum terindeks, tampilannya akan menjadi seperti ini:

Google Search Console - Pengertian & Cara Penggunaan

Jika Anda ingin meminta google untuk mengindeks halaman dari website Anda yang belum terindeks, Anda dapat melakukannya dengan mengklik tombol “Request Indexing”.

Namun, perlu diingat bahwa dengan mengirimkan permintaan indeks, bukan berarti google akan mengindeks halaman Anda.

Karena banyak faktor yang memengaruhi apakah sebuah halaman layak di indeks atau tidak.

 

4. Menerima laporan dari google jika terdapat masalah pada website Anda

Dengan memiliki Google Search Console, Anda dapat menerima pesan dari google apabila ada sesuatu yang salah dari website Anda.

Misal jika terdapat banyak error pada halaman website Anda.

Terdapat malware pada website Anda.

Dan error-error yang lainnya.

Dengan ini, Anda dapat mengambil tindakan yang tepat agar website Anda senantiasa sehat dan “disukai” oleh google.

 

Manfaat Google Search Console?

Banyak sekali manfaat yang akan Anda dapatkan dari menggunakan Google Search Console. Anda bisa melakukan perbaikan-perbaikan di website Anda yang error berdasarkan analisis dari Google Search Console. Berikut ini adalah manfaat-manfaat yang Anda peroleh dari Google Search Console:

1. Temukan Keyword Populer untuk Bisnis Anda

Pengunjung menemukan website Anda melalui bermacam-macam kata kunci. Google Search Console membantu Anda untuk menemukan kata kunci yang banyak digunakan orang untuk menemukan website Anda.

Tool ini akan memberi informasi mengenai total munculnya website Anda di hasil pencarian untuk kata kunci tertentu (impression) dan berapa kali website Anda diklik dari hasil pencarian tersebut (click through rate). Dengan begitu Anda bisa mengetahui mana kata kunci yang paling efektif dan kurang efektif untuk SEO website Anda.

2. Identifikasi Halaman Paling Populer

Setiap website memiliki halaman yang lebih populer dari halaman lainnya di hasil pencarian. Google Search Console akan membantu Anda untuk mengidentifikasi halaman website mana yang paling banyak mendatangkan pengunjung. Anda bisa mengurutkan halaman website berdasarkan impression atau click through rate (CTR).

3. Mengetahui Dari Mana Datangnya Pengunjung

Google Search Console juga memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi dari mana datangnya pengunjung website Anda. Fitur ini akan membantu Anda untuk memahami demografi prospek pelanggan sehingga Anda bisa menjangkau target audiens yang tepat.

4. Identifikasi Perangkat Apa yang Digunakan Pengunjung

Selain mendapatkan informasi lokasi, Anda juga bisa memperoleh data perangkat apa yang digunakan pengunjung website Anda. Google Search Console akan membantu Anda untuk mengetahui bagaimana pengunjung berinteraksi dengan website Anda, apakah kebanyakan menggunakan perangkat desktop atau perangkat mobile.

5. Periksa Kompatibilitas di Perangkat Mobile

Anda bisa saja mengecek apakah website Anda sudah diakses di perangkat mobile dengan membukanya di smartphone Anda sendiri. Sayangnya cara tersebut kurang akurat karena Anda hanya menggunakan penilaian subjektif Anda sendiri. Anda bisa memeriksa kinerja website Anda di perangkat mobile menggunakan bantuan Google Search Console. Google Search Console menyediakan fitur Mobile Usability yang membantu Anda untuk mengecek kompatibilitas website di perangkat mobile. Selain itu, Google Search Console juga akan memberikan rekomendasi terkait langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kinerja website di perangkat mobile.

6. Cari Tahu Backlink ke Website Anda

Backlink adalah salah satu indikator penting dalam menentukan ranking website di hasil pencarian. Bagi siapa pun yang berkecimpung di ranah SEO, fitur satu ini cukup penting untuk Anda ketahui, yaitu Links to Your Site.

Fitur tersebut akan membantu Anda untuk mengidentifikasi website yang menyumbang backlink ke website Anda. Google Search Console juga menyediakan informasi halaman mana yang paling banyak mendapatkan backlink beserta anchor text apa yang paling sering digunakan.

7. Periksa Broken Link

Selain identifikasi backlink, Anda juga dapat memeriksa broken link atau link yang rusak di website Anda melalui Google Search Console. Inspeksi broken link penting dilakukan agar Anda bisa memperbaiki kualitas pengalaman pengunjung di website Anda. Jadi Anda bisa langsung memperbaiki tautan-tautan yang rusak sehingga pengunjung tidak akan diarahkan ke halaman yang salah atau tidak ada.

8. Identifikasi Masalah Keamanan Website

Isu keamanan selalu menjadi perhatian semua pemilik website, baik blog, toko online, maupun website company profile. Semua orang ingin websitenya aman dari serangan hack, pencurian data, atau masalah keamanan lainnya. Kabar baiknya, Google Search Console dapat membantu mendeteksi masalah keamanan yang terjadi di website Anda dan memberi peringatan. Dengan begitu Anda bisa memperbaiki masalah keamanan lebih cepat sebelum terjadi hal-hal yang membahayakan website Anda.

9. Submit Sitemap

Anda bisa menambahkan sitemap melalui Google Search Console. Sitemap berfungsi untuk membantu Google melakukan crawl di website Anda sehingga Google bisa mengidentifikasi website Anda lebih cepat.

 

Kesimpulan

Google Search Console merupakan tools yang penting untuk digunakan oleh website.

Mengapa?

Karena dengan google search console, Anda dapat memastikan bahwa website Anda sudah baik di mata google.

Dan berbicara soal fitur dan fungsi, sebenarnya masih ada banyak fitur dan fungsi lain dari google search console.

Namun tetap fungsi yang terpenting dari google search console adalah:

  1. Memastikan bahwa website Anda tidak bermasalah.
  2. Memastikan bahwa halaman-halaman penting pada website Anda sudah terindeks.

 

Kini giliran Anda untuk mempraktekkannya, karena belajar SEO tidak hanya cukup dengan membaca.

Silahkan di bookmark dan di share juga jika menurut Anda postingan ini bermanfaat.

 

Ok, sekian untuk artikel ini. Jika ada yang tidak jelas, jangan sungkan untuk bertanya pada kolom komentar.

Send Message on WhatsApp
Call me
%d bloggers like this: